Translations:About FreeCAD/2/id

From FreeCAD Documentation
Revision as of 20:47, 2 December 2013 by Renatorivo (talk | contribs) (Created page with "{{About/id}}")
(diff) ← Older revision | Latest revision (diff) | Newer revision → (diff)
Jump to navigation Jump to search

FreeCAD adalah aplikasi CAD 3D model untuk berbagai keperluan. Dalam pengembanganya FreeCAD adalah aplikasi yang sepenuhnya Open Source (dibawah lisensi GPL & LGPL). FreeCAD ditujukan untuk Teknik Mesin dan Desain Produk tapi juga untuk berbagai keperluan seperti arsitektur dan bidang keteknikan yang lain.

Fitur FreeCAD serupa dengan Catia, SolidWorks, atau SolidEdge, dan oleh karena itu FreeCAD masuk dalam kategori MCAD, PLM, CAx, dan CAE. FreeCAD dibekali fitur pemodelan berbasis parametrik dengan sistem modul sehingga memudahkan dalam penambahan fitur - fitur tanpa modifikasi sistem intinya.

Seperti kebanyakan aplikasi pemodelan CAD 3D memiliki banyak komponen 2D untuk pembentukan model 3D atau konversi gambar kerja 2D dari model 3D, tapi aplikasi desain 2D (seperti AutoCAD LT dan animasi atau bentuk organik (seperti Maya, 3DS Max, Blender atau Cinema 4D) bukan merupakan fokus dari FreeCAD, meskipun begitu dengan adaptasi yang luas, FreeCAD bisa berkembang ke area yang lebih luas.

Perhatian utama FreeCAD yang lain adalah menggunakan dengan sungguh - sungguh semua library - library open source yang handal yang ada di dunia Komputasi, diantaranya OpenCascade, kernel CAD yang sangat handal, Coin3D, penjelmaan dari OpenInventor, Qt, UI framework yang sangat terkenal, dan Python, salah satu bahasa pemrograman yang handal. FreeCAD sendiri juga bisa digunakan sebagai library oleh program lain.

FreeCAD juga mendukung multi-platform, dapat pergunakan pada sistem Windows, Linux/Unix dan Mac OSX.Dengan tampilan dan fungsi yang sama di semua sistem.

Untuk informasi yang lain, lihat pada daftar fitur, catatan rilis terbaru atau artikel Getting Started atau langsung kepada pengguna.